Fakta-Fakta mengenai Benua Antartika

Map From Here

Permukaannya terdiri dari:

Hutan = 0%

Batu = 2%

Es = 98%

Penemuan benua Antartika yang pertama kali diterima umum terjadi pada 1820 dan pendaratan yang pertama terverifikasi pada tahun 1821. Namun, peta yang dibuat Admiral Piri Reis pada 1513 memuat sebuah benua selatan yang mungkin mirip dengan pantai Antartika dan penjelajah pertama menuju Kutub Selatan terjadi pada tahun 1911.

Antartika adalah benua yang paling dingin; suhu di musim dingin dapat turun di bawah minus 100 ° F (minus 73 ° C). Suhu terendah yang pernah tercatat di bumi berasal dari Rusia’s Vostok Station: minus 128,6 ° F (minus 89,2 ° C) pada July 21,1983.

Antartika juga merupakan benua terkering, kenyataannya, hampir seluruhnya gurun. Sangat sedikit salju jatuh pada interior benua. Namun, karena benua tersebut sangat dingin, salju tidak jatuh dan tidak mencair. Seiring berjalannya waktu salju hanya beberapa inci per tahun dan perlahan terakumulasi menjadi topi es besar.

Sekitar 99% dari Antartika ditutupi oleh salju dan es. Ketebalan es mencapai 4 km (2.4 mil) di beberapa tempat. Es ini mengalir keluar dari benua es mengambang menciptakan banyak rak tempat es yang mengalir memenuhi lautan. Rak es ini pada gilirannya menimbulkan banyak gunung es.

Topi es Antartika mengandung sekitar 70% dari planet air tawar dan sekitar 90% dari es.

Paling selatan gunung berapi aktif di dunia, Mt. Erebus, membentuk sebuah pulau di tepi Ross Ice Shelf. Gunung ini meningkat lebih dari 3.700 meter (12.100 kaki) di atas Laut Ross di sekitarnya dan wilayah McMurdo Sound. Dua stasiun penelitian Antartika, Scott Base (NZ) dan Stasiun McMurdo (AS) yang terletak di ujung selatan pulau vulkanik ini.

Hampir semua Antartika terletak di dalam Lingkaran Kutub Selatan (66 ° 33 ‘Lintang Selatan). Semua poin selatan garis ini pengalaman setidaknya satu hari dari 24-jam siang hari selama musim panas dan satu hari dari 24-jam kegelapan di musim dingin. Lebih jauh ke selatan lengkap periode siang hari dan gelap gulita bertahan lebih lama (hingga sekitar 4 bulan setiap per tahun)

Tidak ada negara di Antartika, benua diatur oleh perjanjian internasional

Antartika tidak mempunyai penduduk tetap benar. Kurang dari 1.000 orang musim dingin di atas pada tahun tertentu; populasi musim panas secara substansial lebih tinggi sebagai ilmuwan dan staf pendukung dari lebih 27 negara berkumpul di benua.

sumber

About these ads

42 Responses to “Fakta-Fakta mengenai Benua Antartika”

  1. W@Roh Says:

    Waah g bs byngin kl tnggl dsna…pst ikutn bekuu…

  2. rizki amelia Says:

    kenapa di sana sedikit banget fakta-fakta nya bukannya fakta -fakta itu harus banyak bukan seikit dan siapa yang bisa menjawab pertanyaan kau aku akan kasih uang sebesar 4.000.000 OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • putri Says:

      hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,,benua ini pasti monsterRR yet…….. takut ah……………

    • putri Says:

      kalo” gw mw ksana g’perlu beli kulkas ge…………………….asyik tu kayak na………………………….

  3. inda Says:

    hm. . .
    benua antartika pasti ada misteri nya.
    hi. . hi

  4. Hendi Says:

    Sungguh suatu kebesaran yg mahakuasa

  5. fanny gefilem dri papua Says:

    duh pengen dech prgi ke banua antartika……
    psti bxak kejadian” langkah yg msih trendam…….
    duh pengen bca g’ nich fakta” yg laen………
    penasaran amt nich…….>_<

  6. cynthia shafira hartati Says:

    saya sangat senang sekali melihat ciptaan tuhan yang sangat menarik

  7. Rijal Says:

    Gimana ya klo ax tinggal disana. Kex nya enak deh

  8. gegh rita anag supergilz Says:

    oooooooooo
    aq takut klu harus ke sana
    ducchhh pusing dech klu gg da temen di sana

  9. hyuga fauzi Says:

    disitu udah ada warnet belum yawwwww

    hahahahaaa

    wahhhh kulkas nol derajat celcius ae wis adem tenan… apalagi 89 derajatt dibawah nol…. hrrrgggggg……..

  10. desy hariyanti Says:

    mmmmm
    brarti disana gag ada aktivitas seperti disini iaa ?

  11. hajra niswati Says:

    woooowwww…..kayanya seru,low kita liburannya kesana…

  12. Risky nf Says:

    Waw…. sungguh benua mati,, sapa yg bs tahan hidup dsana, dingin bgt gt lho, jantung kita gak akan tahan mengedarkan darah keseluruh tubuh, tubuh kita akan mati kedinginan…
    tp klo lht pinguin yg tinggal dsana yg terlihat tanpa sedikitpun kedinginan,,jd pengen jd pinguin..
    subhanallah Allah memang kuasa, menciptakan makhluknya sesuai dgn kondisi tempatnya, Allah memberi kulit yg tahan dingin dan bulu yg halus. klo pinguin tinggal dnegara kita yg tropis pasti akan mati kepanasan.

  13. CLARISA Says:

    woooooowwwwwwwwww,,,,,kehebatan Tuhan tiada taranya:)

  14. selvi Says:

    oooooooooooooooo

  15. Yadi Valendra Cu'enk Says:

    berarti bs seharian ada matahari donk….

  16. antartika Says:

    Subhanalloh… alhamdulillah ya Alloh Kau berikan kami melihat matahari setiap hari

  17. Pro Says:

    bisaa ngadem gua dsana… X-)
    thnx info,a…. berguna bgt….. ^_^

  18. Alsiendo Says:

    Emangnya Di Antartika matahari muncul setiap berapa hari/minggu/tahun

  19. novita purnama dewi Says:

    npa y klu di sna g ad faktor”nx sma skli cpa yg bs jwb pertanxan q dia pinter bnget patut diacungin 2 jempol!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  20. wahyu prastio Says:

    subhanallah sungguh bsr kuasa ALLAH y sanpai2 q g percaya memang sunggu bsr y kuasa ALLAH friend (^%$#*&%^$#@#&$^%#*&^%%$$&&*%)

  21. Robert gembel Says:

    kalau aku jadi orang kaya, mau buka bisnis Wisata Ke Antartika, kapalnya dibuat begitu canggih, Anti ledak dan anti tenggelam….di dalam kapal ada pengatur Suhu….Siapa yang mau ikut…???

  22. mey Says:

    wah,,pasti asyik pergi ke “ANTARTIKA”
    i like it !!!
    i like it !!!
    i like it !!!
    seru juga nih bisa ketemu ma pinguin…………….
    bisa jadi kembaran gue dong…………………….
    he…he…he…

  23. mey Says:

    dan pasti di sana dingin banget………………..
    aq penasaran pengen ke sana………
    pe………………………………..ngen…………………………………………
    ke……………………….sa……………………….na……………….
    ke…………….. antartik……a…..a……..a…….a……….a……a…….a……..a…….a

  24. ndoko Says:

    di sana kalo pipis langsung beku gak gan ?

  25. Rosa Novasari Says:

    waooww. Menarik
    jd pngn k.benua antartika,

  26. Fathur rahman Says:

    Subhanallah . .maha bsar allah menciptakan alam smesta ini. . .

  27. yhayha Says:

    waaaah ,,,
    pasti kalau tinggal disana darah akan membeku ,,
    habis tu meninggal deh karena hipotermia…
    jadi jangan sok mau kesana ,,, kalau gak punya kemampuan khusus ..

  28. amirudin Says:

    duh ga da bosennya pengin tau lebih dari benua putih…

  29. Adinda Says:

    Woow benar2 mengagumkan…..

  30. Adinda Says:

    Woow, bnar2 mengagumkan…. Spertinya berkunjung ksana sngat menarik, subahanallah, Allah memang mha agung…

  31. Ernawati Says:

    Waah … Kalo dagang es nggak laku dong.

  32. alda Says:

    follow @aldaelazma

  33. Mellyn Shallita Excellsa Says:

    mmmmmm,,,,pengeeenn bangeeettt ke saaannaa,,,menarriikkk sekkaalliii

  34. m. sulton abdul azis Says:

    kaga’ kebayang klw antartika mencair jdi apa bumiiii ????

  35. virgi hasanah Says:

    hai….. benua antartika adalah pecahan, ribuan tahun lalu di benua antartika berdiri sebuah kerajaan yang bernama kerajaan antartika, ratunya berkuasa dan terkenal sampai dengan saat ini bernama dewi sri, wilayah indonesia adalah bagian dari pecahan benua antartika ketika terjadi peristiwa alam……. bukti peninggalan antartika adalah kepulauan indonesia dari sabang sampai merouke…

  36. Sherina anindya Says:

    Emang gk kebayang ya,jika benua antartika mencair BUMI LANGSUNG JADI GMN TUH!!!!!!!
    sereeeemmm
    Aku ingin ke sana krn cmn ingin bertemu PINGUIN dan MENELUSURI INFO LANJUT……..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: