Koneksi Internet Masa Depan

oczHQ

kawan,, pernah kepikiran gak maen game tanpa joystick, gamepad, mouse atau alat sejenis lainnya?? *lah, gimana maennya tuh mas?* hehehe… dulu hal ini emang kerasa aneh dan hampir gak mungkin. Tapi seiring dengan berjalannya waktu😎 maka semakin canggih juga perkembangan teknologi manusia. Nah inilah salah satu teknologi yang sedang dikembangkan manusia dan rencananya akan menjadi teknologi intenet masa depan,,

 

emang sih, beberapa tahun belakangan kita udah kenal sama teknologi game yang dapat dimainkan dengan menggerakkan anggota tubuh kita. Tapi kalo teknologi ini beda, game akan kita kendalikan menggunakan OTAK!! ih wow… Nama teknologinya adalah OCZ, yang mengembangkan sebuah perangkat bernama NIA (Neural Impulse Actuator). Cara kerja sederhananya adalah membaca biosignals alami tubuh dan menerjemahkannya ke dalam perintah yang dapat digunakan untuk mengontrol PC games.

nia_angle

Penelitian baru dari University of Southampton telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk komunikasi dari orang ke orang melalui kekuatan pikiran saja.

Otak-Komputer Interfacing (BCI) dapat digunakan untuk menangkap dan menerjemahkan sinyal-sinyal otak menjadi perintah yang memungkinkan manusia untuk mengontrol (hanya dengan berpikir) perangkat seperti komputer, robot, teknologi dan rehabilitasi lingkungan virtual reality.

chris_jamesPercobaan ini berjalan selangkah lebih maju dan dilakukan oleh Dr Christopher James dari University’s Institute of Sound dan Getaran Research. Tujuannya adalah untuk memperluas batas-batas saat ini teknologi ini dan menunjukkan bahwa otak-ke-otak (Brain to Brain) komunikasi mungkin.

Eksperimennya memiliki satu orang yang menggunakan BCI untuk mengirim pikiran, diterjemahkan sebagai rangkaian digit biner, melalui internet ke komputer orang lain yang menerima angka dan mengirimkannya ke pengguna kedua otak melalui lampu LED berkedip-kedip.

Sementara yang melekat pada sebuah penguat EEG, orang pertama akan menghasilkan dan mengirimkan serangkaian angka biner, membayangkan menggerakkan lengan kiri untuk nol dan lengan kanan mereka untuk satu. Orang kedua itu juga dilampirkan ke EEG penguat dan PC mereka akan mengambil aliran biner digit dan lampu kilat LED di dua frekuensi yang berbeda, satu untuk yang lain nol dan satu untuk satu. Pola LEDS berkedip terlalu halus untuk diambil oleh orang kedua, tetapi diambil oleh pengukuran elektroda korteks visual penerima.

brain-to-brain-communication-2 (1)

Informasi yang dikodekan kemudian diekstraksi dari aktivitas otak pengguna kedua dan PC dapat menguraikan apakah nol atau satu disampaikan. Ini menunjukkan otak benar-untuk-aktivitas otak.

pada bingung ya? hehehe… sama, awalnya gw juga agak bingung.. biar lebih jelas, yuk kita liat aja visualisasinya lewat video ini,

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: