Bagaimana menyelamatkan Bumi kita?

“Ketika ada suatu hal yang baru, orang-orang mengatakan ‘itu tidak benar.’

Kemudian, ketika kebenaran semakin jelas mereka berkata ‘itu tidak penting.’

Akhirnya ketika kepentingan itu tidak dapat lagi ditolak, mereka berkata ‘Bagaimanapun, itu bukanlah hal baru.'”

William James


Kemiskinan, produksi makanan yang terus menerus, kelangkaan air bersih, perubahan iklim merupakan tantangan utama yang dihadapi manusia pada zaman ini. Hutan, memegang peranan penting untuk memcahkan masalah-masalah ini. Namun, ketika kita sangat membutuhkannya, lihatlah … Hutan-hutan di dunia hancur, mereka ditebang secara liar, bayangkan 50% hutan hujan di dunia hilang hanya dalam 60 tahun saja!

Penebangan hutan yang tidak terkendali dapat menyebabkan perubahan iklim, merendahkan permukaan tanah, mengikis sungai dan mencemari atmosfer. Padahal jika hutan memegang peranan sangat penting bagi kehidupan, hutan dapat mencegah erosi dan mengatur siklus air.  Hutan dapat menghasilkan uap air, bahan kimia dan mikroorganisme yang dapat menciptakan awan.

Mengapa Hutan Hujan penting?

HUTAN HUJAN MEMBANTU MENSTABILKAN IKLIM

Hutan hujan membantu menstabilkan iklim dunia dengan cara menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Pembuangan karbon dioksida ke atmosfer dipercaya memberikan pengaruh bagi perubahan iklim melalui pemanasan global. Karenanya hutan hujan mempunyai peran yang penting dalam mengatasi pemanasan global. Hutan hujan juga mempengaruhi kondisi cuaca lokal dengan membuat hujan dan mengatur suhu.

HUTAN HUJAN MENYEDIAKAN RUMAH BAGI TUMBUHAN DAN HEWAN LIAR

Hutan hujan merupakan rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan di dunia, termasuk diantaranya spesies yang terancam punah. Saat hutan ditebangi, banyak spesies yang harus menghadapi k

epunahan. Beberapa spesies di hutan hujan hanya dapat bertahan hidup di habitat asli mereka. Kebun binatang tidak dapat menyelamatkan seluruh hewan.

HUTAN HUJAN MEMBANTU MENJAGA PEREDARAN AIR

Hutan hujan membantu menjaga peredaran air. Menurut U.S. Geological Survey, “peredaran air, juga dikenal dengan peredaran hidrologi, menggambarkan pergerakan berkelanjutan dari air di, di atas, dan di bawah permukaan bumi.”

Peran hutan hujan dalam peredaran air ini adalah untuk menambah air ke atmosfer melalui proses transpirasi (dimana mereka melepas air dari daun-daunnya pada saat fotosintesis). Uap air ini mempengaruhi formasi awan hujan yang melepaskan air kembali ke hutan hujan. Di Amazon, 50-80% dari uap air tetap di dalam ekosistem peredaran air.

Jika hutan hujan ditebangi, uap air yang masuk ke atmosfer akan semakin berkurang, dan hujan yang diturunkan pun turut berkurang, bahkan terkadang hingga menyebabkan kekeringan.

HUTAN HUJAN MENGURANGI EROSI

Akar-akar dari pepohonan dan vegetasi hutan hujan membantu menahan tanah. Saat pepohonan ditebangi, tak akan ada lagi penahan apapun yang melindungi permukaan tanah dan tanah pun akan cepat terbawa hanyut oleh air hujan. Proses terbawa hanyutnya tanah ini dikenal dengan erosi.

Begitu air ikut terbawa ke sungai, akan menimbulkan masalah bagi ikan dan manusia. Ikan akan menderita karena air menjadi keruh, sedangkan manusia akan memperoleh kesulitan menavigasikan terusan yang menjadi lebih dangkal karena meningkatnya jumlah tanah di air. Sedangkan para petani akan kehilangan lapisan atas tanah yang penting untuk menanam tanaman.

Fakta tentang Hutan:

Setengah hutan bumi hilang, dan meningkatnya permintaan akan kayu mengancam orang-orang yang tetap.

Setengah dari hutan yang semula menutupi 48 persen dari permukaan tanah di bumi hilang.Hanya satu-seperlima dari hutan asli Bumi tetap bersih dan tidak terganggu.

Di Amerika Utara, lebih dari setengah dari pantai beriklim hutan hujan, sekali membentang dari California ke Alaska, telah hancur. Pantai beriklim hutan hujan adalah salah satu jenis hutan yang paling terancam di planet ini.
Sepertiga dari planet ini memiliki hutan hujan perawan – tunggal terbesar yang masih tersisa luas – adalah di Hutan Nasional Tongass di pantai tenggara Alaska. The Tongass, yang tempat penampungan terbesar di dunia konsentrasi grizzly beruang dan elang botak, secara serius terancam oleh penebangan kayu.

Hutan Amerika Latin sedang hilang di tingkat mengkhawatirkan. Tingkat hilangnya hutan di Meksiko diperkirakan mencapai 600.000 hingga 2,5 juta hektar per tahun.

Sebagian besar diekspor mahoni dari Peru adalah log secara ilegal. Pembalakan liar adalah ancaman utama bagi hutan di seluruh dunia.

Kurang dari 8 persen dari hutan boreal Kanada dilindungi. Amerika Serikat adalah tujuan bagi hampir 80 persen dari produk-produk hutan Kanada, termasuk kayu, kertas toilet, katalog kertas dan kertas – yang sebagian besar berasal dari clearcutting di hutan boreal.

Lebih dari 430.000 kilometer jalan – lebih dari 8 kali mil di Interstate Highway System – memotong melalui hutan nasional Amerika. Jalan ini, dibangun dengan uang pembayar pajak, fragmen habitat beruang beruang, rusa dan hewan liar lainnya, mengganggu rute migrasi dan menghancurkan keindahan pemandangan hutan kita. Serius jalan hutan menyebabkan erosi tanah dan sedimentasi sungai, merusak kualitas air dan habitat ikan. Mereka juga telah dikaitkan dengan peningkatan frekuensi dan tingkat keparahan longsor.

Dalam beberapa tahun terakhir, rata-rata 95 persen hutan baru jalan yang digunakan untuk penebangan, dengan hanya 5 persen dikhususkan untuk rekreasi atau penggunaan umum.Pada tahun 2002, The US Forest Service menghabiskan $ 62.3 juta untuk pembangunan jalan hutan.

Di Pacific Northwest, degradasi tanah dan sumber daya air akibat penebangan kayu industri mengancam beberapa sisa terakhir perikanan liar di daratan Amerika Serikat.

Konsumsi kayu global diproyeksikan meningkat 50 persen pada tahun 2050.

Amerika menggunakan 27 persen dari kayu yang dipanen secara komersial di seluruh dunia, walaupun hanya 5 persen dari populasi dunia tinggal di Amerika Serikat. Setiap warga negara Amerika Serikat mengkonsumsi rata-rata sekitar 75 meter kubik kayu solid setiap tahun – sekitar satu pohon kuno.

Sekitar seperenam dari kayu diserahkan ke suatu situs konstruksi tidak pernah digunakan.Sebaliknya, itu dibawa ke TPA sebagai limbah kayu sisa makanan.

Sekitar 20 persen dari total kayu yang digunakan dalam membangun rumah baru bisa diselamatkan oleh pembingkaian lebih efisien. Ini dan teknik bangunan lain, jika diadopsi oleh pembangun perumahan nasional, akan menghilangkan permintaan untuk memotong ratusan ribu hektar hutan setiap tahun. Selain itu, bahan ini teknik hemat pembangun sering menyimpan uang dan waktu.

Praktek kehutanan yang berkelanjutan dapat mengurangi tekanan pada hutan kita. Almanor Collins hutan di California berisi 1,5 milyar kaki papan kayu berdiri ketika pemanenan dimulai pada tahun 1941. Enam puluh tahun dan 2 miliar papan kaki kemudian, hutan dikelola secara lestari ini masih memegang 1,5 miliar kaki berdiri papan kayu, dan mendukung rookeries bangau biru besar, beruang hitam, karet Boas dan botak elang.

Sertifikasi hutan memungkinkan pengguna untuk mengetahui kapan kayu berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab. Sejak 2004, 595 sertifikat, yang mewakili lebih dari 100 juta hektar lahan hutan di seluruh dunia, telah dikeluarkan oleh sertifikasi diakreditasi oleh Forest Stewardship Council, sebuah kelompok yang mengawasi proses sertifikasi.

Berikut ini adalah Video tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan bumi kita dan apa yang seharusnya kita lakukan untuk mencegahnya kerusakan,,

sumber, sumber, sumber

2 Responses to “Bagaimana menyelamatkan Bumi kita?”

  1. evanswinanda Says:

    mari selamatkan bumi ini….!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: