Keterbatasan bukan alasan untuk menyerah!

Friday, August 7, 2009 at 10:08pm

Entah apa yang menguatkan langkahku hingga sampai ke tempat itu.,
Sebuah keyakinan, bahwa aku pasti akan mendapat sesuatu yang berharga, hanya itu..

Ya, awalnya aku dapat invite sebuah Event dari seorang kawan,
“Gerakan Pemuda Indonesia untuk Kedermawanan Sosial”,
itulah judul acara yang hari ini aku hadiri..

Kaki mulai kuayunkan dari rumah sekitar pukul 07.30 WIB.
Tujuan pertamaku adalah Bank, aku ingin transfer uang kepada temanku yang ada di Bandung,,
hmm.. bisnis kecil-kecilan, Jualan Pulsa Elektrik *Sekalian Promosi* hehehe..

bertolak dari sana aku langsung menuju sasaran utama,
Auditorium FEUI, disanalah diselenggarakannya acara tersebut

Dengan penuh semangat dan keyakinan, aku turun dari angkot dan berjalan dari kober
seingatku Fakultas Ekonomi tidak jauh dari stasiun UI..
setelah beberapa tetes keringat mengalir di dahi,
akhirnya aku sampai ke tempat yang aku tuju,,
tapi sungguh tak dinyana tertulislah sebuah kata yang membuat aku shock!
(maaf agak sedikit lebay) disana tertulis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

waw, aku salah!!
terpaksa aku mengambil jalan memutar menuju halte bis UI untuk menghindari sesuatu, malu..

setelah menunggu beberapa waktu akhirnya bis UI tiba, naiklah aku tanpa dosa, seperti anak UI,,
tapi di dalam bis aku selalu memperhatikan jalan, jujur saja aku benar2 lupa lokasi FEUI berada..
bertanya?? nanti saja kalo sudah nyasar..

ternyata hasil celingak-celingukku tidak sia-sia, akhirnya aku sampai ke tempat tujuan, lega…
tapi tunggu dulu, dimana Auditorium??
sekali lagi, aku mengeluarkan ilmu pamungkasku, Sok Tahu..
aku ikuti saja orang2 yang sedang berjalan masuk, pikiriku mungkin mereka peserta juga..
tapi ternyata, ilmu pamungkasku tidak berkhasiat saat itu..
terpakasa deh nanya orang..

Acara dimulai, tampillah sesosok pemuda berpenampilan ala pahlawan dalam film Star Wars
lengkap dengan pedang cahayanya,,
dengan dituntun panitia, orang itu memasuki ruangan dan berdiri di depan..

dialah seorang tuna netra yang akan menjadi pembicara utama pada acara ini,
Eko Ramaditya Adikara

sebelum berbicara apa2, dia sudah membuatku kagum dan mengajarkan satu hal padaku..
oh tidak, aku menangkap banyak hal.,
tapi kusimpulkan dalam satu kata yang sering kita dengung2kan tapi lupa untuk diaplikasikan,

Syukur

dia tampil begitu percaya diri, senyum dan tawa tak pernah lepas dari bibirnya..
mulailah ia bercerita mengenai kehidupannya dalam banyak keterbatasan,, salah satunya adalah buta..

Ia sudah buta sejak lahir, dokter memvonisnya sebagai cacat lahir..
ia pun hidup dalam keluarga sederhana, bahkan bisa dibilang miskin hingga mandi saja harus pergi ke sumur..
sekali lagi teman aku tekankan, ia buta, tidak bisa melihat..

namun tahukan teman2, kalau dia bisa mengerjakan berbagai hal, bahkan lebih baik dari kita yang bisa melihat..
*dia seorang composer music untuk console game di jepang
*dia bisa mengoperasikan komputer dengan sangat baik
*soal mengetik, pasti teman2 tidak dapat menandingi kecepatannya
*dia juga seorang penulis, motivator, nara sumber dalam berbagai acara

luar biasa bukan??

dalam seminar singkat itu, dia mencoba berbagi pengalaman hidup dan berbagi pengetahuan..
diantaranya dia memberikan beberapa poin kepada kita untuk dapat menjadi manusia yang Powerfull!!

ia selalu memakai prinsip2 ini untuk menjalani kehidupannya..

1. Bersyukur

inilah poin pertama yang selalu ia tekankan, bahwa buta bukanlah alasan untuk tidak berkarya.
ia bersyukur atas semua yang menimpanya, termasuk mata yang tak melihat.
ia tidak mengeluh, apa lagi menyerah.. ia selalu berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan apa yang dia bisa..

2. Yakin

Yakin bahwa dimana ada kemauan disitu ada jalan,,

3. Belajar

setelah kita yakin, maka belajarlah.. teruslah belajar

4. Lakukan

terakhir, lakukanlah..

aku sering menangkap sebuah kalimat yang sangat suka ia katakan dalam ceritanya,
“Saya tetap melakukan bagian saya”

mungkin kalimat itu bermakana, walaupun kesulitan dan kepayahan datang silih berganti, tapi saya tetap melakukan apa yang saya yakini..

teman..
seorang yang buta saja bisa,

*profil beliau lebih jelas bisa dilihat disini, (klik aja gambarnya)

Leave a Reply

