Skripsi Revolusioner atau Lulus tahun ini? #1

Judul tulisan ini, jika kawan mau tahu, sudah berminggu-minggu terpajang di status YM-ku. Mungkin sedikit terlihat naif, tapi itulah aku, senang sekali berkutat dengan cobaan maha berat sampai berhasil melampaui batas-batas realitas. Disokong oleh super ego yang aku miliki, maka aku ini tipe orang yang keras kepala, tak mudah melepas begitu saja apa yang telah lamat-lamat aku yakini. Walaupun pada akhirnya aku pun akan tahu, bahwa aku ini, tidak lebih dari seorang pangeran yang merindukan bulan. Kata orang dulu ini idealisme. Ya, kata orang dulu. Di zaman edan ini paham idealisme tidak lebih baik dari khayalan orang sakit jiwa! Ah, sudahlah.. Pembahasan mengenai idealisme silakan kawan cari tahu sendiri. Aku tak mau ribut-ribut soal pemahaman dan keyakinan. Aku tak mau menelanjangi kebenaran.

Aku ini, paling tidak menurutku sendiri, adalah lelaki yang berikhtiar untuk berbuat baik, patuh pada petuah orangtua, sejak dulu. Maka, dalam setiap keputusan yang aku tetapkan, larinya tak jauh dari ‘membahagiakan orangtua’, demikian pula halnya dengan apa yang sedang aku jalani saat ini, skripsi. Perlu kawan ketahui, kampusku adalah salah satu almamater yang menjunjung tinggi kebijaksanaan. Jadi jika ada mahasiswanya yang ‘berhalangan’ untuk menyusun skripsi, maka mahasiswa beruntung tersebut dapat lulus dan wisuda dengan mengikuti paket ujian yang telah disediakan. Tapi buatku, skripsi nomor satu. Kenapa? Ya, karena menurutku menulis skripsi adalah suatu tanggung jawab seorang intelektual muda. Skripsi adalah karya pribadi, hasil dari penelitian yang jauh dari main-main. Tujuannya? Jelas untuk pengabdian pada masyarakat. Maka aku, yang masih berpredikat sebagai mahasiswa, terlepas dari beban-beban moral yang sering dikaitkan, entah itu “agent of change” atau apa lah,  punya tanggung jawab besar dalam pembangunan bangsa ini, sekecil apa pun bentuknya.

Selaras dengan judul yang dipajang berminggu-minggu, agaknya selama itu pula setan-setan galau memantau. Tidur tak nyenyak, makan pun tak enak. Dada sesak, kembang kempis persis katak. Tak jauh beda dengan orang yang kena santet! Pada tahap ini aku hampir benar-benar ambruk. Padahal permasalahannya terletak pada satu hal sederhana, menentukan judul. Tapi, semua orang tahu, segala sesuatu itu tergantung niatnya. Maka judul skripsi adalah niat. Mau dijadikan apa penulisan ini, untuk apa, dan apakah manfaatnya dapat dirasa. Semua berkecamuk, hilir mudik, mondar mandir, jungkir balik dalam sebuah labirin ketidakpastian. Bahkan untuk menentukan dosen pembimbing pun aku tak berdaya, begitu banyak orang pintar (dalam artian sebenarnya) disini. Dan dengan segala pertimbangan teknis dan psikis akhirnya aku memilih Dr. rer. nat. I MADE WIRYANA, SSi,SKom,MSc. Tragis!

Seperti dugaanku, seperti ulat bulu, tiba-tiba aku diserang banyak pertanyaan. Dosen yang seharusnya di blacklist dalam daftar calon dosen pembimbing itu malah aku hitamkan. Ada yang memuji tapi tak sedikit yang membuat sangsi. Pasalnya dosen satu ini dikenal “sulit”. Kebiasaannya lain dari yang lain. Maka beliau adalah dosen yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan. Terlebih untuk pemilihan perangkat lunak, anti berlisensi. Aku sudah tahu ini, dan aku akan menerimanya sebagai resiko alami. Dan aku pun nantinya akan tahu pula, bahwa skripsi yang akan aku jalani akan berbeda dengan orang kebanyakan, baik dari sisi topik sampai perangkat-perangkat pendukung untuk penulisan. Dan aku tahu, sekarang, semua masih serba gelap. Gelap.

3 Responses to “Skripsi Revolusioner atau Lulus tahun ini? #1”

  1. lukmandisini Says:

    GOOO!!!

  2. amie muftia Says:

    serius ???
    terima kasih ceritanya .😀

  3. Skripsi Revolusioner atau Lulus tahun ini? #2 « Matahari Senja Says:

    […] Skripsi Revolusioner atau Lulus tahun ini? #1 […]


Leave a Reply

